Aklamasi, Listoyo Terpilih Jadi Ketua DPW PERHIPTANI Sumsel

  • Whatsapp

Sriwijayatimes. ID OKU Timur -Listoyo, SP, SE, M.Si, terpilih secara aklamasi sebagai Ketua DPW Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Sumatera Selatan yang diusung oleh DPD perhiptani oku timur.  Seluruh perwakilan pengurus  DPD Perhiptani 17 Kabupaten/Kota yang mempunyai hak suara memilih listoyo, SP, SE, M.Si satu-satunya calon ketua yang mendaftar ke panitia Konferensi Wilayah Perhiptani Sumsel di BPPP, Senin (29/3).

Pemimpin sidang Ali Sadikin, SP dari DPD Perhiptani Penukal Abab Lematang Ilir (Pali) sebelumnya melemparkan kepada forum rapat bahwa karena hanya satu orang yang mendaftar sebagai calon Ketua DPW Perhiptani Sumsel hingga waktu pendaftaran ditutup, maka ditetapkan hanya Listoyo yang mencalon. “Apakah kita sepakati untuk ditetapkan,” ujar Ali Sadikin, serentak peserta konferensi menjawab setuju.

Selaku calon ketua, kemudian Listoyo menyampaikan visi misi program kepengurusannya lima tahun kedepan 2021-2026. Secara umum Listoyo menginginkan Perhiptani bersama pemerintah dan masyarakat mewujudkan sistem penyuluhan pertanian yang kuat dan modern, menjadikan pertanian efisien efisien, tangguh, berdaya saing tinggi menuju Sumatera Selatan Lumbung Pangan Nasional.

Visinya, kata Listoyo, terwujudnya Perhiptani sebagai organisasi penyuluh pertanian profesional, membanggakan dan mendunia. Misinya ada sembilan yakni : 1) Meningkatkan profesionalisme penyuluh pertanian, 2) Meningkatkan kebanggaan, semangat dan jiwa korsa penyuluh, 3) Pembinaan pelaksanaan kode etik penyuluhan pertanian, 4) Membangun komunikasi aktif dengan pemerintah dan pemangku kepentingan untuk suksesnya penyelenggaraan penyuluhan pertanian.

Kemudian 5) Membangun jejaring kerjasama dalam dan luar negeri, 6) Melakukan pengawalan dan koreksi terhadap kebijakan operasional penyuluhan pertanian. 7) Meningkatkan kesejahteraan anggota, 8) Menampilkan keberhasilan dan kemampuan penyuluh pertanian. Dan 9) Memfasilitasi perlindungan hukum bagi penyuluh.

Listoyo juga memaparkan 5 program kerja unggulan, yakni 1) Perbaikan dan pemantapan manajemen organisasi dari tingkat cabang, daerah hingga wilayah dengan mengedepankan akuntabilitas dan profesionalitas sehingga organisasi mampu memperjuangkan kepentingan para anggota dan mendorong pembangunan pertanian di wilayah kerja.

2) Meningkatkan kompetensi dan profeaionalisme anggota dalam menjalankan tugas pokok sebagai penyuluh dan pengurus organisasi melalui kegiatan seminar, pelatihan dan model pengembangan sumber daya manusia lainnya.

3) Menyelenggarakan pertemuan ilmiah dalam rangka mengembangkan sistem penyuluhan pertanian yang efektif dan efisien guna memberikan masukan kepada pemerintah. 4) Mengembangkan, menyebarluaskan ilmu dan teknologi serta mewadahi kreatifitas jurnalistik para anggota. Dan 5) Bekerjasama dengan pemerintah maupun pihak lain guna membantu peningkatan kesejahteraan anggota.

“Mohon doanya dan support kepada anggota serta jajaran pengurus Perhiptani Sumsel dan pengurus kabupaten kota untuk menyukseskan program dan visi misi ini,” tutup Listoyo.

Pembukaan konferensi dihadiri Bupati OKU Timur H Lanosin ST sekaligus membuka acara konferensi. Hadir juga jajaran OPD di OKU Timur, Ketua I DPP Perhiptani pusat Ir M Pathan Rasyid, M.Ag dan Kepala Dinas Pertanian Sumsel Dr Ir H R Bambang Pramono, M.Si.

Pos terkait