Mempercepat Vaksin Usia Dini Kadinkes OKUT Bekerja Sama Dengan Dua Dinas

  • Whatsapp

Sriwijayatimes. ID. OKU Timur. Untuk mencapai kegiatan vaksinasi usia 6 – 11 tahun di Kabupaten OKU Timur,Dinas Kesehatan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementrian Agama (Kemenag) tingkat sekolah Madrasah. Kadinkes bersama kedua dinas tersebut sepakat untuk mencapai 100 Persen Vaksin usia 6 – 11 tahun selama 15 hari,”kata  Zainal Abidin SSIT MKes, Selasa (II /01/2022)

“Jadi pihak Kadinked menunggu jadwal sekolah mana saja yang sudah siap untuk divaksin. Kami pihak Dinkes yang dibantuk oleh TNI,Polri dan puskes – puskes yang ada di Kecamatan. Setiap harinya dari dinas pendidikan dan Kemenag Agama akan mengirim jadwal data kunjungan ke sekolah yang telah siap,’ ucapnya

Untuk Vaksin anak usia 6 – 11 tahun kami  berusaha membuat target selama 15 hari kerja untuk  mencapai 100 persen. Untuk hari ke 4 vaksin sudah mencapai sabanyak 100 sekolah yang sudah di lakukan vaksin dan baru mencapai 12,5 persen,” kata Zainal.

“Jika tidak tercapai 100 persen selama 15 hari maka kita evaluasi kembali dimana letak kendala yang kita kerjakan. Tentuknya kita akan menambah masa kerja vaksin selama 30 hari,”terang zainal

Zainal menambahkan, untuk pendataan vaksin anak usia dini kita mempergunakan hephon, selain cepat dan praktis untuk pendatan vaksin. Selama ini kita mengunakan Lektop untuk pendataan vaksin kadang terkendala sinyal agak lambat apa lagi didaerah yang susah sinyal,”kata Zainal.

“Alhamdulilah semenjak memakai henfhon sementara ini tidak ada kendala dan lancar pendataan anak yang di vaksin,” tutupnya. (BD)