Tubuh Tiba-tiba Memar Bukan karena Dicubit Setan

  • Whatsapp
Ilustrasi tubuh memar

Sriwijayatimes.id | Mitos yang berkembang di masyarakat tubuh memar secara tiba-tiba karena dicubit setan. Terkadang kita pernah mengalami tubuh memar dan biru-biru secara tiba-tiba tanpa tahu penyebabnya. Padahal kita merasa tidak pernah mengalami benturan tapi muncul memar dan biru-biru di tubuh.

Klik disini untuk bergabung dengan Channel Telegram Sriwijayatimes.id

Dikutip dari Medical News Today, berikut penjelasan ilmiah yang menjadi penyebab muncul memar pada tubuh selain akibat benturan :

1. Pengobatan

Obat dapat mengencerkan darah hingga membuat seseorang mudah berdarah dan muncul memar di bagian tubuh. Obat tersebut diantaranya heparin, aspirin, warfarin, dan obat lain dapat melemahkan atau mengubah perilaku pembuluh darah, memperburuk peradangan, atau meningkatkan risiko pendarahan.

Baca Juga :
Mitos Kesehatan yang Telah Dibantah

Selain itu, beberapa obat herbal juga bisa muncul memar akibat perubahan pada pembuluh darah. Obat tersebut seperti inseng, feverfew, bawang putih dalam jumlah banyak, jahe, dan lain-lain. Ketika seseorang minum obat, akan meningkatkan darah sehingga mudah pendarahan atau memar.

2. Penyalahgunaan alkohol dan penyakit hati

Penyalahgunaan alkohol menjadi faktor penyakit hati, seperti sirosis. Penyakit sirosis dapat merusak fungsi hati. Hal itu akan membuat hati berhenti memproduksi protein yang membantu pembekuan darah. Hal ini yang menyebabkan seseorang mengalami pendarahan berlebih sehingga mudah memar.

Pos terkait