SMPN 1 Martapura Berwisata Sambil Belajar Ilmu Pertanian di BPPP OKU Timur

  • Whatsapp

Sriwijayatimes.id, OKU Timur – Sekolah Menegah Negeri 1 Martapura (SMPN) melakukan melakukan audiensi ke Balai Pelatihan Penyuluhan Pertanian (BPPP) di desa Peracak Bunga Mayang. Kedatangan Kepala Sekolah SMPN 1 disambut ramah oleh Kapala Tata Usaha (TU) BPPP Yandi Marzuki, SH., M.Si. Kamis (18/03/2021).

Selain berwisata dan sambil belajar ilmu Pertanian, Guru beserta peserta didik SMPN 1 Martapura berkeliling-berkeliling di lokasi perkebunan BLPP untuk melihat tanaman-tanaman yang ada di perkebunan BLPP.

Bacaan Lainnya

Dalam audiensi itu, kepala sekolah SMP Hj. Sugiani Natalia M. Pd. mengatakan, audiensi ini untuk menindak lanjut Mou SMPN 1 Martapura dengan BPPP yang selama ini sudah berjalan dengan baik. SMPN 1 Martapura ingin mengenalkan kepada anak didiknya bagimana terkait cara budidaya tanaman pertanian yang benar.

“Bagimana anak kita bisa mengetahui sejak dini cara budidaya pembibitan yang benar, Pencangkokan dan Pemilihan benih serta perawatan tanaman pertanian yang benar. Kami ingin juga Anak didik kami di Kenalkan dengan berbagai macam jenis tanaman dan tumbuhan,” katanya.

Kepala Sekolah Hj Sugiani berharap,kepada anak didiknya agar lebih cinta kepada tanaman sehingga akan memiliki rasa
peduli terhadap lingkungan yang tinggi dan suka menanam pohon dan merawat nya.”harap kepala SMPN 1.

Dirinya juga mengucapkan trima kasih kepada balai pertanian yang sudah menerima kedatanag rombongan SMPN 1 Martapura yang sudah menberikan semua tentang tanaman metode pengenalan pembibitan tanaman pangan, hortikultura dan sayuran,” tutupnya.

Sementara Kepala BPPP Listoya, SE, SP., M.Si, melalui Ka TU Yandi Marzuki, SH., M.Si, mengatakan, pihaknya menyambut baik inisiatif dari pihak SMP Negeri 1 Martapura yang ingin menambah wawasan dan Ilmu terhadap bagimana budi daya tanaman pangan yang baik dan pemanfaatan lahan yang ada di sekolah mereka.

“SMPN 1 Martapura berkunjung ke balai pertanian bertujuan ingin mengetahui bagimna budidaya tanaman pangan baik tanaman kultur sayuran serta memintak saran dan membudidayakan lahan yang ada di sekolah mereka agar bisa dijadikan lahan pertanian. Tentu ini sangat menarik dan kami apresiasi,” katanya.

Dia menambahkan, pihaknya akan selalu siap membagikan ilmu-ilmu di bidang pertanian dari pihak manapun yang baik yang berkunjung langsung maupun melalui media lainnya. Dengan demikian diharapkan peserta didik sejak dini dapat mengenali dunia pertanian, perkebunan serta menjaga alam sekitar agar tetap sehat.

“Rencana kedepan dari balai akan membina lahan sempit yang ada di sekolah SMPN 1 Martapura, akan dijadikan lahan tanaman pangan, hortikultura dan sayuran. Saat ini kami tinggal menunggu tindak lanjut dari Sekolah SMP N 1 Martapura,” katanya.

Dirinya berharap bidang Budidaya pertanian ini bisa dikenalkan sejak dini melalui dunia penidikan baik dari tingkat Sekolah dasar SD, SMP, sampai Sekolah Menengat Atas (SMA) atau instansi pemerintah yang berada di Kabupaten OKU Timur Balai Pelatihan Penyuluhan Pertanian “Kami siap membantu mengembangkan dalam budidaya pengolahan Tanaman  dan hama,” pungkasnya. (BD)

Pos terkait